Kamis, 20 Agustus 2020

JANGAN BERGANTUNG PADA MOOD

Jujur, saya tidak pernah menjadikan  mood sebagai bagian proses menulis yang saya lakukan. Bagi saya, menulis itu bukan karena mood tetapi karena niatan yang sudah kita tanamkan dalam diri kita. Niatan tersebut kita tanam sebagai bagian integral diri kira sehingga melahirkan sebuah kebiasaan dan kebutuhan. Kebiasaan dan kebutuhan inilah yang sesungguhnya menjadi pendorong diri untuk menulis, bukan karena mood atau tidak mood. Kalau mood dijadikan alasan, maka setiap saat akan dijaxikan tameng alasan ketika tidak menulis.

Aku tidak ada mood untuk menulis atau aku tidak sedang mood untuk menulis. Duh, ini ungkapan seseorang yang malas menulis, tidak percaya diri, atau tidak mampu menulis. Hal ini tidak sehat bagi kita yang memang sudah mencanangkan diri untuk menulis. Jangan hanya menjadi.slogan pepesan kosong saat kita menyatakan diri untuk menulis.

Orang mwngatakan secara bebas bahwa mood itu sebagai suasana hati yang sesuai dengan kegiatan yang kita lakukan. Mood dikatakan sebagai kesiapan atau kesesuaian suasana dalam.diri untuk melakukan kegiatan. Jika tidak sedang mood, berarti suasana dalam dirinya sedang tidak sesuai dengan kondisi di luar dirinya terutama terkait kegiatan menulis.

Lantas apa yang dapat kita hasilkan sebagai penulis jika menggantungjan diri dari mood?

#mohammadsaroni
#kobatumosar

Tidak ada komentar: