Kamis, 05 Januari 2023

KEKUATAN TULISAN DALAM ASPEK SOSIAL

Dalam kehidupan ini, peristiwa saling bersaing merupakan hal yang biasa. Sesungguhnya, hidup memang merupakan perwujudan dari persaingan. Persaingan inilah yang menyebabkan kehidupan ini menjadi dinamis. Orang-orang akan berusaha untuk mengkondisikan dirinya sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan kompetensi hifupnya, meliputi kompetensi spritual, kompetensi material, dan kompetensi sosialnya.  

Kita adalah makhluk sosial, yaitu makhluk yang tidak dapat hidup sendiri. Kita membutuhkan keberadaan makhluk yang lain agar dapat menjalani hidup dengan sebaik-baiknya. Kita adalah makhluk yang saling melengkapi. Kita pribadi adalah makhluk yang tidak sempurna. Sebagaimanapun kondisi kita yang baik, tetap membutuhkan peran serta orang lain dalam kehidupan kita. Kita tidak dapat memenuhi kebutuhan kita dengan mengandalkan apa yang kita miliki. Kita membutuhkan peran orang lain untuk memenuhi kebutuhan kita. Misalnya, untuk makan kita membutuhkan pak tani, mesin penggilas padi, piring, sendok, garpu, dan lainnya. 

Dengan posisi sebagai makhluk sosial, maka aspek sosial menjadi bagian penting dalam kehidupan. Dalam hal ini, penguasaan terhadap aspek sosial sangat menentukan keberhasilan hidup kita. Jika kita berhasil menguasai keterampilan atau kompetensi sosial, maka kehidupan sosialnya akan lebih baik. 

Lantas apa hubungan menulis dengan aspek sosial?


Tidak ada komentar: