Senin, 14 Maret 2022

AKU INGIN MENULIS PUISI CINTA

AKU INGIN MENULIS PUISI CINTA
Mohammad Saroni

Aku ingin menulis puisi tentang cinta
walau aku tahu hanyalah kiasan saja
sebab sesungguhnya cinta sangatlah abstrak
tak mudah untuk menyatakannya

Sesungguh sungguhnya cinta
seperti langit pada bumi
seperti bumi pada tetumbuhan
seperti tetumbuhan pada hewan-hewan
seperti hewan-hewan pada manusia
seperti manusia pada langit
seperti lingkaran

Aku tidak pernah dapat menangkap rasa
sebab cinta adalah misteri
di antara kabut kehidupan
terlihat bayang-bayang ya 
tetapi tak pernah tersentuh
hanya jiwa merasakan
elus angin bisik udara

Cinta kuanggap sebagai rasa jiwa
berada di antara raga dan nyawa
bergerak tanpa batasan
bergerak pada setiap ruang, waktu, dan jarak 
setinggi apapun dinding penghalang
tak akan mampu menahannya

Jika rasa cinta telah lahir
bumi akan menyuburkannya
udara akan menyampaikannya
air akan menyegarkan ya
dan api akan membakarnya

Aku ingin menulis puisi tentang cinta
harus kumulai dari manakah
apakah dari mata turun ke hati
ataukah dari hati naik ke mata


Sulitnya menulis puisi tentang cinta


Gembongan, 31 Januari 2022

Tidak ada komentar: