Kamis, 14 Maret 2024

PINTU TERTUTUP

 



#Pintu_yang_Tertutup

MENIKMATI PERJALANAN
Mohammad Saroni 

Aku harus mulai melangkah
tak perlu sesali anak kunci yang hilang
sebab sejatinya tidaklah hilang anak kunci itu
tetapi berpindah tempat tanpa kuketahui dimana
.
Dan, aku garus mulai melangkah
melakukan perjalanan panjang
yang ku tak tahu sampai kapan dan dimana
sebab ibi perjalanan mencari sesuatu

Aku hanya dapat menguatkan hati
mencoba menikmati.perjalanan
tanpa keluh kesah dan sambat hati
sebab roda sudah berputar tak mungkin kita tinggal

Ini perjalanan yang sangat panjang
jangan hiasi langkah dengan keluh kesah
semua itu hanya akan memberati langkah
yang dapat menggagalkan upaya temukan anak kunci

Apakah kita berharap tidak pulang lagi
mengembara terus di alam ini tanpa henti
hanya dipenuhi sesal berkepanjangan
ataukah kita hadapi dengan semangat jiwa

Gembongan, 5 Mei 2024




#Pintu_yang_Tertutup

MENIKMATI PERJALANAN
Mohammad Saroni 

Aku harus mulai melangkah
tak perlu sesali anak kunci yang hilang
sebab sejatinya tidaklah hilang anak kunci itu
tetapi berpindah tempat tanpa kuketahui dimana
.
Dan, aku garus mulai melangkah
melakukan perjalanan panjang
yang ku tak tahu sampai kapan dan dimana
sebab ibi perjalanan mencari sesuatu

Aku hanya dapat menguatkan hati
mencoba menikmati.perjalanan
tanpa keluh kesah dan sambat hati
sebab roda sudah berputar tak mungkin kita tinggal

Ini perjalanan yang sangat panjang
jangan hiasi langkah dengan keluh kesah
semua itu hanya akan memberati langkah
yang dapat menggagalkan upaya temukan anak kunci

Apakah kita berharap tidak pulang lagi
mengembara terus di alam ini tanpa henti
hanya dipenuhi sesal berkepanjangan
ataukah kita hadapi dengan semangat jiwa

Gembongan, 5 Mei 2024



#Pintu_yang_Tertutup

MELANGKAHKAN.KAKI
Mohammad Saroni 

Karena pintu sudah tertutup
tak.mungkin ayun kaki kembali.
melangkah pergi sudahlah pasti
mencari kebetadaan anak kunci

Aku harus menemukan anak kunci
agar aku dapat kembali pulang
hanya anak kunci itu yang dapat membuka
dan memberiku jalan pulang ke rumah

Tak mungkin aku hanya diam di depan rumah
bengong menduga-duga keberadaan anak kunci
melainkan harus bergerak mencari kemana-mana
sebab anak kunci itu terlempar tak tentu arah

Aku harus mulai melangkahkan kaki
bersaing dengan waktu yang tak pernah berhenti
agar tidak kedahuluan orang lain menemukan anak kunci
apa jadinya jika aku betul-betul kehilangan anak kunci itu

Aku tahu, anak kunci itu tidak jauh terlemparnya
aku pasti akan dapat segera menemukannya
walau harus berjuang sekuat tenaga

Gembongan, 5 Mei 2024


#Pintu_yang_Tertutup

MELANGKAH PADA GARIS
Mohammad Saroni 

Apa yang kita lakukan
ketika kaki sudah di luar.pintu
mau kembali daun pintu sudah tertutup
mau lanjut, ada bayang ketakutan

Kita memang harus pergi
tinggalkan rumah nyaman kita
menyusuri garis-garis kehidupan
untuk mencari anak kunci yang hilang

Ini adalah kewajiban abadi kita
agar kita dapat membuka pintu rumah
kembali pada kenyamanan hidup
sebagai tempat muasal kehidupan

Kita memang harus melangkah pada garis
sebab garis itulah yang membawa.kita pulang
menuju pintu yang harus kita lewati
walau bukan pintu saat kita keluar rumah

Kita harus meyakini sepenuhnya
anak kunci yang hilang ada di garis jalan kita
hanya kita tidak tahu kapan menemukannya
twtapi kita tidak boleh berhenti mencarinya

Gembongan, 4 Mei 2024



#Pintu_yang_Tertutup

LEPAS DARI GENGGAMAN
Mohammad Saroni 

Ketika kita keluar rumah
tangan kita terkepal.kuat-kuat
seperti hendak menguasai semesta
menggenggamnya dalam cengkeraman

Kita seperti enggan melepaskan
sebab kita tidak ingin kehilangan
semua milik kita harus dijaga
tak boleh lepas apalagi hilang

Tetapi, ketika keluar dari pintu
sejenak genggaman tangan terbuka
maka lepaslah semua yang tergenggam
juga anak kunci pintu dimana kita keluar

Tidak ada lagi kesempatan kembali
melainkan harus berjuang keras
mencari dan menemukan anak kunci
yang lepas dari genggaman
.
Gembongan, 4 Mei 2024



#Pintu_yang_Tertutup

TELAH HILANG ANAK KUNCI PINTUKU
Mohammad Saroni 

Telah hilang anak kunci pintuku
saat aku menangis meraung-raung
menghentak-hentakkan tungkai kaki
membentang-bentangkan tangan yang mencengkeram

Aku harus meninggalkan rumah tinggalku
yang penuh kenyamanan dan kedamaian
jauh dari kebisingan dan kegaduhan
tak ada kesulitan yang menghadang jalan

Aku menangis,
entah sedih ataukah bahagia
memasuki alam.baru yang belum kukenal
alam yang sangat asing

Pada saat itulah, anak kunci pintuku hilang
telah kucoba untuk menggenggamnya kuat-kuat
tetap saja anak kunci itu terlepas dari genggamanku
dan, aku muli merasakan ketakutan amat sangat 

aku menangis karena aku kehilangan anak kunci
aku takut tak dapat masuk ke rumah yang nyaman
tersesat di alam yang sungguh-sungguh asing untukku

Gembongan, 4 Nei 2024


#Pintu_yang_Terkunci

SUDAH TERLANJUR DI LUAR
Mohammad Saroni 

Tuhan, 
telah kau tuntun aku keluar
lewat sebuah pintu yang satu
pintu yang hanya satu arah jalan

Di sini aku bingung
sesampai di luar aku tercengang
sungguh berbeda semua yang kulihat

Aku coba menoleh
pintu itu sudah tertutup lagi
tidak mungkin aku masuk kembali

Aku sudah terlanjur di luar
memasuki dunia yang begitu rupa
menghadapkanku pada pertempuran abadi

Aku sudah terlanjur di luar
maka harus siap menghadapi pertempuran
sebab tidak mungkin lagi kita memasukk pintu lagi

Pibtu sudah tertutup dan kita
terlanjur berada di luar

Gembongan, 4 Mei 2024





#Pintu_yang_Tertutup

ANAK KUNCI YANG PATAH
Mohammad Saroni 

Apa akan kalian lakukan saat pulang
anak kunci yang kau putar patah
sementara daun pintu belum terbuka

Udara malam dingin menyergap tubuh
ada sedikit gigil bahkan ketakutan
karena malam tertutup jubah kegelapan

Patahan anak kunci ada dalam lubangnya
sedangkan waktu sudah tengah malam
bagaimana kita dapat melewati pintu

Kita tidak mungkin masuk ke rumah
tetapi bertahan di luar rumah pun tak mungkin
sebab malam adalah sarang misteri

Maka, berdoalah pada Tuhan
berdoalah untuk ditemukan jalan terbaik
mungkin ini adalah teguran untuk kita
yang selalu saja lupa dan salah

Gemvongan, 3 Mei 2024

Tidak ada komentar: