Jumat, 05 Juni 2020

Menumbuh Kembangkan Keterampilan Menulis

Siapapun dapat menulis. Sungguh. Ini bukan sekedar isapan jempol atau semangat kosong. Setiap orang mempunyai kemampuan untuk menulis.Oleh karen aitu, sungguh merupakan sesuatu yang menggelikan jika ada yang mengatakan tidak dapat menulis, apalagi jika sudah mengikuti proses pembelajaran, bahkan sudah menjadi sosok yang diperhatikan di masyarakat.
kegiatan menuli situ sebuah keterampilan. Dan, sebagai sebuah keterampilan, maka salah satu cara untuk dapat menguasainya adalah berlatih. Sementara itu, setiap orang dapat berlatih agar mempunyai kemampuan yang dimaksudkan. Apapun dapat ditulis Bahkan ada penuli ssenioar yang mengatakan bahwa menulis itu gampang, menuli situ semudah ngomong, dan sebagainya. Semua itu adalah dukungan kepada kita untuk bergerak dalam kegiatan menulis.
Seperti yang penulis lakoni. Pada Awalnya, penulis konsen pada kegiatan menulis nonfiksi. Tetapi sejalan dengan pergerakan roda kehidupan, maka penulis bergeser genre fiksi, khususnya puisi.  Ini merupakan sesuatu yang perlu diperhatikan oleh semuanya. Bahwa, sebenarnya menulis itu memang dapat dilatih sebab sebagai sebuah keterampilan.

2 komentar:

SILVIRIZKIA mengatakan...

Semua bs menulis, yg bikin susah adalah memulainya...banyak godaannya 😁

penulis mojokerto mengatakan...

bagaimana kalau godaan itu dibalik menjadi energi untuk menulis... pasti jadi. luar biasa... keinginan untuk menulis adalah sebuah godaan...