Sabtu, 13 Juni 2020

Penulis Berbasis Komunitas

Penulis adalah sosok literat yang mencoba menyampaikan ide terkait kondisi kehidupan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat. Obyek tulisan yang disampaikan dapat beragam sesuai caranya. 
Sementara ini yang menjadi permasalahan adalah pola pikir yang masih menganggap bahwa kegiatan menulis sangat sulit. Banyak orang mengatakan hal tersebut. Tidak hanya orang awam, bahkan orang yang hidupnya berhimpit dengan kegiatan menulis, maaf pendidik masih tidak aedikit yang beranggapan seperti itu. Akibatnya, menulis benar-benar menjadi sulit. 
Untuk menghadapi kondisi tersebut, maka solusi yang dapat. penulis sampaikan adalah bergabung dengan komunitas yang menggarap kegiatan menulis. Kebiasaan berkumpul, ngobrol, dan bergiat yang sama diyakini dapat memancing kemampuan yang sama, menulis. Oleh karena itu, mari kita bergabung dengan komunitas menulis. 
Salah satu komunitas yang memberikan kesempatan bergiat menulis adalah komunitas baca tulis MoSar (kobatu mosar). Komunitas ini bermarkas di Desa Gembongan, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. 
Walaupun kegiatan dilakukan di sebuah desa, tetapi keberadaannya diyakini sangat membantu untuk membumikan kegiatan literasi masyarakat. 
Proses kegiatan menulis dilakukan dengan sederhana tetapi efektif dan efisien. Hal. ini karena pada dasarnya, setiap orang mempunyai kemampuan dasar menulis. Kegiatan di komunitas hanyalah membangkitkan potensi tersebut agar. muncul ke permukaan dan kita dapat terampil. Pada saat kita sudah terampil, maka pada saat itulah kegiatan menulis. menjadi bagian integral diri. 
Selamat menjadi penulis berbasis komunitas. 

Tidak ada komentar: