Rabu, 16 Agustus 2023

MANFAAT BERGABUNG DENGAN KOMUNITAS


Kita adalah makhluk sosial, yaitu makhluk yang tidak dapat hidup sendiri. Kita bergantung pada orang lain untuk menghadapi dan menjalani kehidupan ini. Oleh karena itu lahirlah komunitas manusia, RT, RW, Desa, Kecamatan, hingga negara. Di samping itu, ada komunitas-komunitas dari orang-orang sesuai kemampuan masing-masing. Kita memang ditakdirkan untuk hidup dalam komunitas tertentu.

Dengan menperhatikan dan nempertimbangkan diri sebagai makhluk sosial, maka kita dapat memperoleh banyak manfaat dari komunitas. Hal ini karenaelain kita dapat terhubung dengan banyak orang, kita juga dapat memperoleh hal lain yang penting bagi perkrmbangan dan keberadaan diri di masyarakat. 

Untuk lebih jelasnya, mari kita kupas pentingnya dan manfaat dari bergabung dengan komunitas. Penting dan manfaatnya yang kembali kepada kita adalah:

1. Peluang Belajar

Aetisp anggota komunitas akan mendapatkan kesempatan belajar untuk mengembangkan kemampuan dirinya. Peluang belajar ini diperoleh secara individual ataupun berkelompok. 

Dengan demikian, maka kemampuan setiap orang di dalam komunitas dapat meningkat untuk kebutuhan ditinya sendiri maupun untuk komunitasnya.

2. Jaringan Kerja 

Seseorang yang tergabung dalam komunitas akan berinterakdi dengan orang lain, minimal maupun maksimal. Akibat dari interaksi ini, maka terciptalsh sebuah jaringan interaksi ataupun jaringan kerja. Jaringan kerja yang kita maksud adalah jaringan relasi dengan banyak orang. 

Jaringan kerja ataupun jaringan relasi ini memungkinkan kita menemukan orang-orang efektif dan baru. Relasi kita semakin luas dan membuka peluang semakin luas dan besar untuk memperoleh hsl-hsl yang kita inginkan, seperti pekerjaan dan yang lainnya.  

3. Tukar Pengalaman

 Orang-orang di dalam komunitas datang dari latar belakang yang berbeda. Beragam pengalaman mereka dapat menjadi informasi pembelajaran bagi orang-orang di dalam komunitas tersebut. 

Pengalaman yang berbeda. Hal ini mengisyaratkan terciptanya komunikasi yang baik antar orang di dalam komunitas. 

4. Peluang Pekerjaan

Pekerjaan setiap orang di dalam komunitas juga beragam. Keberagaman pekerjaan ini dapat menjadi peluang bagi anggota komunitas. Mereka dapat saling membagi peluang pekerjaan di komunitas.
Bahkan, bagi anggota komunitas yang belum mempunyai pekerjaan dapat memperoleh referensi pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dirinya.  

5. Kemampuan baru 

Kita sudah tahu bahwa anggota komunitas mempunyai kemampuan yang beragam. Kemampuan ini menunjukkan keahlian masing-masing.
Menemukan kemampuan baru yang didapat sesama anggota komunitas.

Seperti.kita ketahui setiap.orang mempunyai kemampuan masing-masing. Dan, jika mereka bergabung dalam satu komunitas, maka kemampuan tersebut dapat mengalir pada setiap anggota. Anggota yang tidak memiliki kemampuan A, dapat mrnyerap dari anggota yang mempunyai kemampuan A tersebut. 

Dengan demikian, maka setiap anggota komunitas dapat mempunyai kemampuan baru dari interaksi di dalam komunitas.

6. Penyelesaian Masalah

Setiap orang memounyai masalah dalam hidupnya. Bahkan ada yang mengatakan kehidupan merupakan rangkaian masalah. Keberadaan masalah itulah yang menyebabkan adanya kehidupan. Tanpa masalah, maka bukanlah sebuah kehidupan. Hanya orang yang sudah meninggal yang tidak mempunyai masalah dalam hidupnya. 

Ketika seseorang menjadi anggota atau bergabung dengan sebuah komunitas, maka kebersamaan dalam komunitas memungkinkan untuk menyelesaikan permasalahan secara bersama-sama. Semua anggota komunitas akan membantu untuk memecahkan masalah tersebut. Dengan demikian, maka nereka akan menemukan soludi pemecahan masalahnya secara cepat.

7. Percaya Diri

Salah satu hal dasar.yang menjadi penghalang keberhasilan seseorang dalam hidupnya adalah kepercayaan diri. Orang-orang dengan kepercayaan tinggi mempunyai peluang berhasil lebih besar dibandingkan orang-orang yang kurang bahkan tidak percaya diri. 

Komunitas memberikan peluang besar untuk mengembangkan rasa percaya diri. Setiap orang akan berusaha membantu orang lain agar percaya pada kemampuan yang dimilikinya. Mereka saling mendukung sehingga perlahan dapat mengembangkan rasa percaya diri. Mereka tidak merasa takut menghadapi hidup sebab merasa yakin akan ada yang membantu mereka menghadapi dan menyelesaikannya.


Jika kita memperhatikan, menelaah dan meresapi uraian tulisan di atas, maka kita pasti memetik manfaat yang sangat berarti bagi diri kita. Bukankah akan lebih baik kita bergabung dalam sebuah komunitas agar dapat mengembangkan diri secara optimal. Lantas,mengapa kita tidak segera bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan kebutuhan kita? Segera saja bergabung!

Gembongan, 17 Agustus 2023

Mohammad Saroni
Penulis buku: #kenangankampungyanghilang


.

Tidak ada komentar: