Rabu, 15 Juli 2020

Hindari Plagiat

Masalah pengaruh mempengaruhi selalu terjadi. Dan, kita harus mengakui bahwa sebagian besar apa yang kita lakukan adalah hasil dari meniru atau kita terpengaruh orang lain.  Setidaknya dalam hal ini, kita mengadopsi dan mengadaptasi sesuatu yang sudah ada untuk menjadi sesuatu yang kita 'hasilkan'. kita. Hampir, tidak ada atau jarang sesuatu itu benar-benar hasil. kreasi murni kita. 
Interaksi personal yang terjadi sebagai bentuk sifat sosial dan kesadaran sebagai makhluk sosial harus berkomunikasi dengan orang lain. Komunikasi inilah yang memungkinkan terjadinya pengaruh. 
Apalagi dalam. kegiatan tulis menulis. Kejadian terpengaruhi atau mempengaruhi antar. penulis sangatlah besar. Hal ini sebenarnya merupakan kejadian wajar. Kita terpengaruh oleh penulis lain sangat memungkinkan sebab karya tulisnya menjadi bacaan kita  Pada saat kita membaca karya tulis maka otak kita merekam isi bacaan di dalam memori otak. Rekaman ini merupakan tambahan pengetahuan dan keterampilan pada diri kita. Akibatnya, kita terpengaruh pada gaya penulisan sang penulis. 
Kondisi ini merupakan hal. yang wajar dan seiring dengan perjalanan proses kreatif sang penulis maka akan terbentuk polanya sendiri yang khas. 
Tetapi, kita ketika kita mengambil karya orang lain untuk kita akui sebagai karya kita, apalagi yang. diambil. sudah dikenal masyarakat atau membuat rulisan dengan prosentase tulisan orang lain lebih banyak dari buah pikiran sendiri aja maka hal ini yang tidak boleh kita lakuka. Inilah yang kita sebut sebagai. plagiat. 
Jangan sampai coba-voba mendekati plagiat, sebab ini adalah dosa besar bagi seorang penulis. Sebagai seorang penulis, sangatlah memalukan dan sangat tidak etis jika melakukan plagiat. 
Oeh karena itu, jangan mencoba plagiat. Terpengaruh tidak bermasalah sebab hidup memang saling berpengaruh. 

Selamat berkarya... 

1 komentar:

UKIRAN PENA NIKEN HAIDAR mengatakan...

Sukses abah... menginspirasi