Sabtu, 04 Juli 2020

Menulislah karena Butuh Menulis

Menulis dan menulislah hanya karena butuh menulis. Menulis dalam kondisi ini memberikan nuansa berbeda dibandingkan latar belakang lainnya. Memang sah-sah saja kita menulis karena suatu latar belakang. Tetapi, ketika kita melakukan sesuatu karena adanya dorongan dalam diri kita, tingkat semangatnya berbeda. di Semangat inilah yang sesungguhnya harus kita munculkan dari dalam diri kita dan bukan oleh alasan lainnya. 
Begitu juga halnya dengan kegiatan menulis. Pada saat kita menulis, maka sebaiknya karena kita butuh menulis. Jika hal tersebut kita lakukan, maka kita dapat menulis lebih optimal. Kita menulis karena butuh menulis. Kebutuhan menulis berarti ada sesuatu dalam diri kita atau lingkungan kita yang tidak sinergis. Kita merasa butuh untuk memberikan respon terhadap suatu. kondisi dan diwujudkan dalam bentuk tulisan. Menulis itu. mengungkapkan respon diri terhadap kondisi yang ada, baik di dalam atau di luar. diri. Respon ini kita wujudkan dalam bentuk simbol-simbol yang dikenal. dengan nama huruf dan angka. 
Saat ini, kegiatan menulis mengalami perubahan arah. Diakui atau tidak, banyak yang melakukan kegiatan menulis karena ada embel-embel yang dijanjikan. Mereka tidak menulis karena kebutuhan menulis tetapi karena kebutuhan yang dijanjikan. Sebenarnya bukan apa-apa, tetapi hal tersebut menurunkan kemurnian tujuan menulis. Bahwa hal-hal lain yang kita dapatkan merupakan bonus dari kegiatan menulis yang kita lakukan dan bukan menjadi tujuan. Misalnya, ketika tulisan kita dibayar, itu adalah bonus keseriusan kita menulis karena butuh menulis, bukan sekedar mengejar bayaran. Sementara yang sedang ramai terjadi adalah menulis untuk mengejar sertifikat kegiatan. Banyak yang menulis karena iming-iming sertifikat kegiatan. 
Bagaimana dengan Anda? 

Semangat menulis...
#Kobatumosar 

Tidak ada komentar: