Senin, 06 Juli 2020

Kerangka Tulisan

Setiap kali membuat sesuatu, maka yang perlu kita persiapkan adalah kerangka. Kerangka merupakan salah satu bentuk dasar atau konstruksi dasar dari obyek yang kita buat. Dengan kerangka dasar ini, maka kita dapat menyusun isi atau kelengkapan kerangka tersebut. 
Dalam kegiatan tulis menulis, kerangka dasar ini kita sebut sebagai outline. Kerangka ini sangat penting untuk menyusun dan melihat bentuk dan isi tulisan serta mengikat proses menulis. yang kita lakukan. Hal ini sangat terkait dengan keterbatasan daya ingat yang kita miliki. Akibat keterbatasan yang kita miliki, maka tidak mungkin kerangka tulisan kita simpan dalam memori otak kita. Kalau. kita paksakan, maka akibat yang. kita alami adalah tulisan dapat amburadul dan ngelantur, meluas kemana-mana. Tulisan tidak fokus pada materinya. 
Setiap penulis, usahakan membuat outline sebelum melakukan kegiatan menulis. Kita pasti lebih mudah mengeksekusi tulisan jika sudah nampak kerangkanya. Dan, yang lebih pasti proses penulisan lebih efektif dan efisien. 
Kalau ada yang dapat mempermudah pekerjaan, kenapa kita melakukan yang sukar?? 

Selamat menulis... 

Tidak ada komentar: