Rabu, 08 Juli 2020

Kerangka Tulisan dan Daftar Isi

Apa hubungan kerangka tulisan dengan daftar isi? 
Ini sebuah pertanyaan yang bagus dan patut kita perhatikan dengan seksama.  Pada kenyataannya, kerangja tulisan sangat erat dengan daftar. isi. Begitu eratnya sehingga pada kelanjutannya, kerangka tulisan dapat dijadikan daftar isi tulisan atau buku yang kita tulis. Jika kita sudah membuat kerangka tulisan, maka sebenarnya kita juga sudah membuat daftar isi tulisan atau buku kita. maka Berarti dalam hal ini, tulisan yang kita makaud adalah tulisan nonfiksi, karya. ilmiah dan buku yang lainnya. 
Seperti kita ketahui, pada sebuah kerangka terdapat bagian-bagian yang akan kita tulis. Bagian-bagian tersebut kita tulis dalam susunan yang teratur. Susunan yang teratur ini mengikuti tingkatan materi bahasan yang akan kita tulis. 
Kerangka tulisan merupakan konstruksi tulisan yang akan kita bangun. Dalam hal ini pasti dimulai dari pondasi, pendahuluan. Selanjutnya kita buat kolom-kolom untuk memperkuat susunan bata (kata). Barulah setelah kolom kita buat, bata/kata kita pasang satu persatu hingga pada pasangan ke sekian kita pasang sloof. Sloof menyatu pada kolom sehingga memperkuat pasangan bata/kata. Bagian ini dapat juga disebut sebagai BAB dan SUB BAB. Begitu seterusnya kita lakukan hingga bagian terakhir. Biasanya, bagian terakhir dari tulisan adalan daftar pustaka, yang melindungi penulis dari berbagai badai yang mungkin terjadi. Dan, pada kontruksi bangunan yang kita maksudkan dengan daftar pustaka adalah atapnya. Atap inilah yang melindungi bangunan dari berbagai badai. 
Lantas bagaimana dengan daftar isi? 
Ternyata masih ingat dengan masalah tersebut. 
Daftar isi merupakan daftar segala yang harus disediakan untuk. membangun konstruksi bangunan bata/kata hingga terbentuk. Dengan daftar inilah, maka seorang tukang/penulis dapat melakukan pekerjaannya dengan sebaik-baiknya. Hal ini karena bahan untuk melakukan pekerjaan sudah tersedia. 
Begutulah hubungan antara kerangka tulisan dengan daftar isi. Bahwa, kerangka tulisan adalah daftar isi tentatif dari sebuah tulisan atau buku. Dengan membuat kerangkah tulisan, kita sudah membuat daftar tulisan. 

Semoga bermanfaat.. 

Tidak ada komentar: