Rabu, 01 Juli 2020

Memilih Genre Tulisan

Ingin menulis tetapi kebingungan harus menulis apa. Hal ini merupakan kondisi yang selalu dialami oleh mereka yang ingin menulis. Seperti kita ketahui, ragam tulisan cukup banyak sehingga memberikan pilihan yang membingungkan. Pilihan ini semakin membingungkan ketika menyadari bahwa ada keterbatasan dalam kemampuan menulis. 
Sudah bingung memilih ragam tulisan yang akan ditulis, ternyata belum mampu untuk menulis. Lengkap sudah! 
Sesungguhnya, hal pertama yang harus kita kuasai adalah teknik menulis. Teknik menulis itu tidak lain adalah bagaimana kita merangkai kata menjadi kalimat. yang bermakna. Kalimat bermakna adalah kalimat yang memberikan informasi secara jelas dan dapat dimengerti semua orang. Kalimat yang dirangkaikan tidak harus kalimat yang rumit. Kalinat yang dirangkai dari kata-kata yang rumit mempunyai kecenderungan pengertian yang rumit. Akibatnya, tidak semua orang memahami maknanya. Kalimat seperti ini adalah kalimat gagal. 
Pada saat kita menulis, sebaiknya kita mempergunakan kata dan kalimat yang sederhana agar semua orang dapat memahaminya. Jika semua orang memahami kalimat yang kita tulis, maka informasi dapat disampaikan secara efektif. Tidak perlu doktor atau profesor untuk dapat menyampaikan informasi yang efektif. Bahkan, orang awam pun dapat melakukannya. 
Kegiatan menulis itu merupakan sebuah keterampilan yang sesungguhnya dapat. kita latih. Proses melatih diri agar dapat terampil menulis sangat menetukan kualitas dan kuantitas tulisan kita. Semakin sering kita berlatih, maka kita semakin terampil. Keterampilan identik dengan kebiasaan. Bukankah ada pepatah yang mengatakan, Ala bisa karena biasa. Seseorang yang awalnya tidak bisa, jika secara terus menerus melakukan dan terbiasa melakukan  kegiatan, maka pasti bisa. Bisa yang kita maksudkan adalah terampil. 
Sebelum kita menentukan ragam tulisan, kita harus terampil menulis terlebih dahulu. Kita biasakan diri untuk menulis, maka sesuai perjalanan waktu dan kebiasaan kita, maka kita temukan ragam tulisan yang kita buat. 
Jika kita sudah terampil, bahkan kita dapat menulis dalam berbagai ragam tulisan tersebut. 
Okey.... selamat menulis!! 

Tidak ada komentar: