Rabu, 22 Juli 2020

Menyediakan Waktu

Banyak orang mengatakan tidak mempunyai waktu untuk menulis. Setiap kali ada ajakan menulis, jawaban yang dilontarkan adalah tidak ada waktu untuk menulis. Pada waktu yang lain, mereka dengan penuh semangat menyatakan keinginannya untuk menulis. 

Dimana cemistrynya? 

Ingin menulis dan tidak mempunyai waktu untuk menulis. Lantas, kapan dapat mewujudkan keinginan jika situasinya begitu? 

Kegiatan menulis memang harus disediakan waktu. Seberapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk menulis. Tentu jawabannya, relatif. Masing-masing orang mempunyai respon berbeda. Ada yang mengatakan dibutuhkan banyak waktu, tetapi ada juga yang mengatakan tidak bahwa menulis tidak membutuhkan banyak waktu. Ada yang sudah duduk di depan laptop berjam-jam tetapi tidak ada tulisan yang dihasilkan. Tetapi, ada yang dalam. waktu singkat sudah menulis sekian paragraf atau lembar.

Lantas bagaimana?? 

Kebutuhan waktu untuk menulis memang sangat khas bagi penulis. Kekhasan ini menjadi sesuatu yang tidak dapat ditenrukan tetapnya. Ada seorang penulis yang harus duduk berlana lama untuk menulis tanpa tentu berapa tulisan yang dihasilkan. Ada penulis yang membutuhkan sedikit waktu untuk menulis tanpa meperdulikan  berapa banyak tulisan yang dihasilkan. Ada penulis yang membatasi waktu nenulisnya berdasarkan jumlah lembar tulisan yang dihasilkan, tetapi ada yang membatasi jumlah alenia tulisan. 

Bagaimana dengan Anda? 

Untuk mengefektifjan kemampuan menulis dan mempergunakan waktu seefisien mungkin, maka pada saat kita akan menulis kita sediakan waktu untuk kegiatan tersebut. Kita dapat menentukan batasan waktu yang kita terapkan untuk menulis. kita Dengan batasan ini, maka kegiatan menulis akan lebih teratur dan konstruktif. Target waktu ataupun hasil dapat menjadi semangat untuk menyelesaikan 'jatah' menulis. 

Apakah Anda sudah menyediakan waktu untuk menulis? 

Tidak ada komentar: