Minggu, 05 Juli 2020

Memilih Tema Tulisan

Salah satu hal yang harus kita perhatikan saat menulis adalah tema tulisan. Tema adalah semacam jalur jalan yang harus kita lewati untuk mencapai tujuan. Tema ini menjadi koridor yang membimbing kita melewati lorong panjang pikiran sehingga tidak bercabang-cabang. 
Tema merupakan pembatas atau batasan obyek yang kita tulis. Dengan adanya tema, maka sudah tergambar jelas segala hal yang harus kita tulis dan tidak. Setiap kata dan kalimat yang kita susun merupakan uraian dari tema yang kita garap. Loncatan-loncatan pikiran dapat diminimalisir sehingga tulisan lebih fokus. Dengan tingkat kefokusan yang tinggi, maka kualitas tulisan lebih bernas. Pembaca lebih nyaman membaca tulisan kita dan dapat menerima ide yang kita sampaikan. Runtutan materi tertata baik sehingga pembaca mendapatkan informasi yang runtut juga. 
Begitu pentingnya tema dalam proses menulis sehingga tidak ada tulisan tanpa tema. Selanjutnya, tema ini tetap tersembunyi dalam tulisan, intrinsik dan implisit, tetapi dapat juga muncul eksintrik dan eksplisit. Jika tema tidak tampil, implisit dan bagian intrinsik, pembaca harus mencari sendiri temanya. Tetapi, kadang tema muncul secara eksplisit sebagai judul tulisan sehingga saat membaca judul, kita sudah tahu tema tulisan. 
Tema memang dapat menjadi judul sebuah tulisan, tetapi judul kadang-kadang bukanlah tema yang kita garap. Hal ini karena judul dapat diambil dari bagian tulisan atau tema. 
Ini merupakan langkah pertama pada saat memulai menulis. Kita tentukan tema yang akan kita tulis dan uraikan tema tersebut sebagai isi tulisan. 

Selamat menulis..... 

#kobatuMoSar

Tidak ada komentar: