Sabtu, 05 Juli 2008

Beberapa Manfaat Menulis

Sepertinya jika kita menelaah, sebenarnya kegiatan menulis merupakan kegiatan postif yang sangat banyak manfaatnya bagi diri sendiri ataupun bagi orang lain. Begitu pentingnya kegiatan menulis sehingga menulis menjadi sbeuah kebutuhan tak terelakkan.
Pada saat kita melakukanm kegiatan menulis,maka pada saat itu kita sedang:
a. Melatih Koordinasi kerja otak
Ya. Pada saat kita menulis sebenarnya kita sedang mensinkronkan kerja otak kiri, otak kanan dan tangan kita secara sinergis. Dengan menulis, maka terjadi keseimbangan antara tak kiri dan otak kanan sedemikian rupa sehingga tercipta kondisi terbaik bagi diri kita. JIka otak kiri dan otak kanan bekerja secara seimbang, tentunya kehidupan menjadi seimbang juga.
b. Melatih daya ingat
Pada saat kita melakukan kegiatan menulis, maka pada saat tersebut kita melakukan kegiatan memunculkan kembali segala isi memori otak kita. Dengan demikian, maka menulis membiasakan kita untuk selalu ingat terhadap segala hal.
c. Mengembangkan kompetensi diri
Dengan menulis, maka berarti kita sedang membangunkan sebuah power terbesar dari dalam diri kita. Dengan menulis, maka kita memberi kesempatan kepada diri kita untuk mengembangkan kemampuan yang sebelumnya, mungkin tersembunyi.
d. Membiasakan hidup secara sistematis dan teratur
Menulis itu kegiatan yang mengarahkan kita untuk melakukan kegiatan yang tersistem. Setiap aspek yang kita tulis harus disusun sedemikian rupa sehingga terdapat sinkronisasi pada setiap bagain dan memudahkan bagi pembaca untuk mengikuti jalan pikiran penulis.
e. Menyimpan memorial
Bahwa hidup ini terus mengalir sebagaimana air sungai menuju ke laut dan bebaur tanpa dapat dibedakan lagi. Di setiap saat air yang mengalir berbeda. Air yan emngalir hari ini erbeda dengan air yan mengalir kemarin, besok ataupun lusa. Jika hal ini dibiarkan ebgitu saja, tentunya kita bakal lupa.
Orang itu tempatnya lupa. Setiap orang mempunyai kelemahan yaitu udah melupakan segala sesuatu. Sangat sedikit orang yang mempunyai kemampuan ingat tinggi.
Coba kita bayangkan, seandainya di dalam kehiduan kita tidak ada tulisan, maka berapa banyak sejarah yang hilang begitu saja? bahkan, ada tulisan saja, masih banyak kota-kota lama yang belum diketemukan!

Maka, menulis adalah salah satu solusi tepat untuk menghadirkan kehidupan yanag lengkap. Maka, ayolah kita menulis sejak sekarang!

Tidak ada komentar: