Jumat, 18 Juli 2008

Sering Orang bertanya Tentang Menulis

Banyak orang bertanya-tanya saat kita mengajak aktif menulis. Mengapa harus menulis? Untuk apa menulis?

Wah, sungguh repot jika sejak awal orang belummemahami konsep dasar dari menulis. Tetapi pertanyaan ini dapat menggambarkan dua kondisi se-seorang terhadap aktivitas menulis. Pertama, mereka memang belum memahami konsep dasar menulis. Kedua, mereka tidak mempunyai kepercayaan diri pada pentingnya kegiatan menulis bagi kehidupan.

Di dalam hal ini kita perlu menyadari bahwa sebagai manusia, kita adalah makhluk dwifungsi, yaitu sebagai makhluk individu dan makhluk social. Se-bagai mahluk individu, manusia mempunyai kecenderungan untuk lebih mem-perhatikan kebutuhan hidup pribadi.

Karena sisi ini, maka tumbuhlah orang-orang dengan sifat egoisme tinggi dan tidak peduli terhadap orang-orang di sekitarnya. Mereka suka memenuhi kebutuhan diri sendiri dan mengacuhkan orang lain.

Orang-orang egois memang menekankan orientasi hidupnya pada pe-menuhan kebutuhan hidup diri pribadi. Persetan orang lain! Orang orang ini berpikir interalistik! Lebih mementingkan diri sendiri daripada memikirkan kebutuhan orang lain.

Pada sisi yang lain, adalah fungsi kedua yaitu sebagai makhluk social, yaitu makhluk yang ditakdirkan untuk selalu berinteraksi dengan makhluk lain, orang lain. Orang tidak dapat hidup sendiri sebagaimana telah dicoba untuk Robinson Crusoe yang ternyata tidak pernah sanggup hidup sendirian!

Dalam konsep ini dikatakan bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia tidak dapat mengunggulkan diri sendiri dan menganggap rendah orang lain. Hanya orang-orang munafik dan narsis yang menyombongkan diri pribadi dan menganggap orang lain ada di bawah dirinya. Terlalu!

Karena posisi dalam kehidupan inilah, maka setiap orang selalu ingin menampilkan eksistensi dirinya sehingga dikenal oleh orang lain secara luas. Dan, salah satu cara terefektif di dalam memperkenalkan diri secara luas dengan mengeksplore semua jati diri adalah dengan menulis.

Beragam tulisan dapat dihasilkan oleh semua orang yang berkeinginan untuk menulis. Ketika seseorang melihat seorang penulis bekerja, maka mereka seakan dihipnotis oleh sebuah kekuatan sedemikian hebatnya. Bagi mereka kemampuan yang ditunjukkan oleh seorang penulis sedemikian rupa sehingga memberikan kekuatan untuk berjuang.

Sering, bahkan banyak orang yang bertanya bagaimana cara menulis sehingga mampu menghasilkan tulisan bermakna dan berguna bagi masyarakat, minimal untuk diri sendiri?! Masalahnya adalah, mereka hanya terbatas pada bertanya bagaimana menulis tersebut! Tanpa ada usaha untuk mewujudkan segala keinginan tersebut secara nyata. Mereka hanya ingin tahu dan tidak ingin dapat melakukan!

Tidak ada komentar: